Laman

Selasa, 07 Juli 2015

yuhuuu ini dia tradisi terkece didaerahku "SKI LOT"

Hai hai readers...
Pertama kali ini, saya nulis sebuah blog. Karena apa? Tentu ada alasannya dong, karena ini tugas hehe. Ok ok mudah-mudahan bermanfaat dan nambah pengetahuan kalian aja
Kali ini, saya akan membahas tadisi didaerah saya lekok pasuruan, tradisi ini sangat populer loh mangkannya kece abis.. Namanya aja "ski lot". Ski berasal dari kata bahasa inggris yaitu skidding atau meluncur, nah seperti yang temen-temen ketahui kata SKI pastinya kepikiran "mana bisa di Indonesia kita bisa melakukan skidding?" ok, sabar sabar.. Kalau kalian pikir skidding hanya bisa dilakukan dinegara-negara yang bersalju kalau didaerahku beda, tanpa bersalju kita tetep bisa ngerasain ski nih hahaha. Yahh disinilah, "lot" ok ada kata itu, lot berasal dari bahasa madura yaitu cellot yang artinya lumpur. So, skilot adalah ski didalam lumpur. Haha seru yaaaa
Ini dia nih gambarnya kalau kalian lebih penasaran. cuuuuuussss
sumber

kalau kalian lebih penasaran lagi bagaimana cara bermainnya, liat aja nih videonya.  

alatnya sih cuma satu yaitu papan luncur
sumber


Tradisi ini diadakan setahun sekali, tepatnya pada hari raya idul fitri hari ke-7. Acara ini diadakan dalam maksud merayakan hari kemenangan umat islam. Yang berpartisipasi dalam acaran ini tidak hanya orang dewasa tapi anak kecil juga bisa mengikutinya karena tradisi ini bia dilakukan oleh semua kalangan.
Tempat diadakannya ski lot ini ini adalah suatu tambak yang airnya sudah surut, sehingga dalam tambak tersebut hanya berisikan lumpur-lumpur.
Tradisi ini juga memberikan hadiah bagi para pemenang, tradisi ini seperti halnya perlombaan.

Nah...
kali ini aku akan bahas ikan yang hanya ada didaerah, ikan ini sangat famous banget tapi namanya agak aneh hehe, yaitu "ikan trasak"
Yapsss itulah namanya, ikan ini hanya bisa ditemukan dilaut lekok pasuruan, ikan ini dijual secara kering sehingga bisa disebut juga dengan ikan teri. ikan trasak ini harga penjualannya cukup mahal.
Caranya, potong kepala ikan trasak ini dengan gunting, setelah itu belah dengan pisau untuk membersihkan isi dari perut ikan trasak, kemudian dibersikan dan dijemur diterik sinar matahari. seperti ini:
sumber


Ok, kita mulai step 3 ya?
Dihari yang sama, hari ke-7 hari raya idul fitri. Dihari ini juga diadakan acara menghias perahu, karena daerahku ini deket sama laut nih, mangkannya kepala desaku mengakan acara menghias perahu. Beda dari yang lain biasanya kita denger menghias sepeda atau apalah, didaerahku ini kita berlomba unruk menghias perahu, dan tentunya hadiahnya sangat fantastic banget bro...
Ini contoh aja sih, tapi bagus kan? 
sumber


Yesssss, the last deh yang aku sampaikan kekalian, Terimakasih.. :*



Tidak ada komentar:

Posting Komentar